Kerohanian..."ISLAM" Assalamu'alaikum Wr.Wb... Ikhwah Fillah, * Untuk mengetahui Iman / Rukun Iman, pelajarilah Ilmu...
Kerohanian..."ISLAM"
Assalamu'alaikum Wr.Wb...
Ikhwah Fillah,
* Untuk mengetahui Iman / Rukun Iman, pelajarilah Ilmu Usuluddin / tauhid...
* Untuk mengetahui Islam / Rukun Islam, pelajarilah Ilmu Fiqih / syariat, &
* Untuk mengetahui Ihsan / Rukun Ihsan, pelajarilah Ilmu TASAWUF / hakikat...
TASAWUF merupakan pemupuk Iman, penyubur amal saleh semata-mata mencari keridhaan Allah, memperkuat daya juang dengan sifat2 sabar,syukur dan ridha dengan qadha/ketetapan & zuhud(lebih mengutamakan akhirat) serta ikhlas, sebagai pengontrol jiwa, untuk mengingat, bertaqwa & mengenal Allah SWT/Makrifatullah...
Rasulullah SAW bersabda " syariat adlh prkataanku, thareqat adlh prbuatan/tindakanku & haqiqat adlh kelakuan/akhlakku...
Prof.Dr.Hamka : " Tasawuf Islam itu telah timbul sejak timbulnya agama Islam itu sendiri, bertumbuh di dlm jiwa pendiri Islam itu sendriri, yaitu Muhammad SAW, di sauk airnya dari Qur'an itu sendiri,,,"
DR Mustafa Zahri : "sempurnanya agama krn seiring sejalannya ke tiga hal tsb..."..& tasawuf adlh tingkat tertinggi utk mengenl Allah SWT...
Al Ghazali pun brkata ; " kaum sufiah/ahli tasawuf/ahli mkrifat itulah yg benar-benar telah mnempuh jalan yg dicontohkan nabi Muhammad SAW & yg dikehendaki oleh Allah SWT.. ..
Tasawuf & tarekat bknlah aliran kepercayaan ataupun aliran kebatinan, tetapi bagian dari ajaran-ajaran agama islam yg terpnting...
kerohanian sebagai pusaka keagamaan ISLAM...;
" Alastu birabbikum ? qalu balaa'syahidna...= apakah Aku ini Allah ? jiwa mnjwb,' ya, kami telah naik saksi..."
KEROHANIAN adlh pusaka ke agamaan islam yg dimulai dr nabi Muhammad saw sampai kepada para shohabat terus kepada tabiin disambung oleh tabi'it tabiin dan terus sampai kepada kita...dengan alasan bahwa kesadaran dan pengakuan adanya Tuhan adalah dasar pokok kebenaran dan beragama...
pengakuan dan penyaksian Tuhan itu terjadi sejak manusia berada di alam arwah.
seperti tertulis dalam firman Allah tersebut di atas...
Manusia mempunyai naluri ber-Tuhan...
namun hilang lenyap apabila tidak selalu dipupuk & dipelihara...
penyebab utamanya adalah cinta dunia/kesenangan/kebendaan...
oleh krn itu nabi Muhammad saw dalam memulai pembangunan dan penyiaran agama islam selalu bersendikan dengan hidup 'kerohanian'..hingga brlnjut kpd masa khulafaurrasyidin yg tdk prnah trpisah dg gaya hdup 'kerohanian'..hingga jaman ke emasan yg mlimpah ruah harta dunia dr masyrik hnggga ke mghrb..namun sang 'sufi' Muhammad saw tetap hdup sdrhana/zuhud bersendikan kerohanian...
Manusia mempunyai naluri ber-Tuhan...
namun hilang lenyap apabila tidak selalu dipupuk & dipelihara...
penyebab utamanya adalah cinta dunia/kesenangan/kebendaan...
oleh krn itu nabi Muhammad saw dalam memulai pembangunan dan penyiaran agama islam selalu bersendikan dengan hidup 'kerohanian'..hingga brlnjut kpd masa khulafaurrasyidin yg tdk prnah trpisah dg gaya hdup 'kerohanian'..hingga jaman ke emasan yg mlimpah ruah harta dunia dr masyrik hnggga ke mghrb..namun sang 'sufi' Muhammad saw tetap hdup sdrhana/zuhud bersendikan kerohanian...
ssuai firman Allah ; "Wa anlawistaqamu alattariqati La'asqainahum maan ghadaqa" = jk mrk tetap berjln di atas tarekat/jln Allah, psti Allah akan mmbrikan kpd mrk itu rejeki/karunia yg berlimpah2.."
shbt Umar brtanya smbil mnangis saat saw tdr hnya beralaskan tikar anyaman kulit kurma dan hanya ada gerabah utk air berwudhu..ya rosulullah knp dmikian pdhal dunia sdh berada dlm genggamanmu ? ..
saw mnjwb " aku ini adlh pesuruh Allah ya Umar, aKu bknlah kaisar romawi atau kisra persia, mrk mnntut dunia dan aku mnntut akhirat..."
& saw mnjwb saat ditanya jibril as : kaya spt sulaiman as atau mskin spt ayub as? ..aku lbh suka kenyang sehari agar brsyukur & lapar sehari agar bersabar.."...
jadi sdh sangat jelas & pasti bhw apa yg d cntohkan SAW sbg uswatun khasanah wajib di tiru & digugu...bhw utk mncapai makrifatullah wajib melalui jln/tarekat kerohanian yg teraplikasikan sbg sendi khdupan sehari2...
dunia/kebendaan wajib digunakan utk ber amal bkn utk kesenangan dll... dan akhlakul kharimah SAW sbg sample utk hdup makrifat. Pendalaman kerohanian sbg dasar utk makrifat...
Pertumbuhan Ilmu Kerohanian... Pd masa abad pertama - kedua, kaum rohaniwan atau kaum shufi terkenal dg sebutan Nasik/Nussak, Zahid/ Zuhhad, Abid/Ubbad dll... Mulanya mrk adlh sbg kaum yg hanya semata2 mengendalikan jiwa dlm mnempuh hidup mncari ridha Allah spy tdk terpedaya oleh pengaruh kebendaan/materialistis/duniawi, lama kelamaan, hidup kerohanian mrk mnjd suatu alat utk mncapai tujuan yg lbh murni , bhkan lbh hebat & mulia serta mendalam, yaitu hndak mncapai HAKEKAT KE-TUHANAN dg mengenal Allah sebenar2nya, melalui 'RIADHA(LATIHAN) & MUJAHADAH(PERJUANGAN) serta MUKASYAFAH(TERBUKA HIJAB)....
Usaha mrk setingkat demi setingkat mulai dari : TAKHALLI ( mengosongkan diri dari segala sifat yg tercela/majmumah ), kemudian mengisinya kembali dg sifat2 yg terpuji/mahmudah ( TAHALLI), & sesudah itu barulah mrk akan mndptkan KENYATAAN TUHAN (TAJALLI)...
SEJAK ITULAH TUMBUH BENTUK2 KHIDUPAN KEROHANIAN DG MELALUI TATA CARA(SISTEM) YG DPT MMBAWA MANUSIA MNDEKATKAN DIRI KPD TUHAN SBG KEBAHAGIAAN YG SETINGGI2NYA...Dg jln tsb. mk tata cara tsb. mnjd suatu ilmu yg dinamakan " ILMU TASAWUF" ,yg mulai brtumbuhnya pd abad ke 3 H atau abad 9 masehi....Dlm pd itu tokoh2 shufi mempunyai perbedaan dlm menempuh jalan/ "TAREQAH" atau sistem dlm mlakukan Riyadha atau latihan2 shufinya, yaitu mncari hubungan dg Tuhan utk mncapai HAKEKAT KETUHANAN, mk selanjutnya tumbuhlah yg dinamakan "THAREQAT"
Maka bermunculanlah berbagai jalan/cara/thareqat dg guru yg di sebut Syech / Mursyid/petunjuk jalan...mrk jg bertujuan & mmberikan harapan bagi manusia utk menyelamatkan kerusakan akhlak pd suatu tingkat masyarakat yg lbh baik..."AKAN DPTLAH DIMENGERTI BHW HIDUP KEROHANIANLAH YG DPT MENYELAMATKAN MANUSIA DARI SIKSAAN KEBENDAAN"... & ternyata dg berbagai cara & kaifat banyak salik/santri yg berhasil mndptkan "natijah" / faedah perbaikan akhlak & menguatkan iman....
Ada 41 Thareqat yg disepakati oleh para jamhuruf Ulama al : Qadiriyah, Naksyabandiyah, Ghazaliyah, Halwatiyah dll.....
mulai dg metoda pengenalan & pengendalian hawa nafsu, 3 tingkatan takhalli-tahalli & tajalli, & ada pula yg menempuh dg Zikir yg dinamakan Mulazamatu Fi Zikri/senantiasa mengingat Tuhan, dlm keadaan mana seseorang dpt "melihat Tuhannya dg mata hatinya ( ainul basirah)....& bahwa tujuan akhir & pokok drpd semua plaksanaan amal ibadah ialah "mengenal Tuhan" yg sebenar2nya yg dlm istilah tasawuf dinamakan "MA'RIFAT"...MK UTK MENGETAHUI ITU, ILMU KEROHANIANLAH YG MRP KUNCI KE ARAH MENGENAL TUHAN YG SEBENAR2NYA....
Muhammad s.a.w sblum mnjd nabi bertahun2 mnyendiri di gua hira hmpir stiap mlm mndktkan diri kpd Tuhan utk memurnikan jiwanya dan mnguatkan batinnya...hingga akhirnya berbuah manis dpt mkrifat....pesan & anjuran beliau kpd umatnya hingga akhir zaman adlh ; hduplah dlm sendi kerohanian & hdup zuhud/sdrhanalah....
imam besarAl-Ghazali berkeyakinan penuh bhw kaum shufi/ahli tasawuf itulah yg tlah benar2 mnempuh jln yg dcntohkan oleh rosulullah & yg dkehendaki oleh Allah SWT...& jln shufi/tasawuflah yg dpt mndekatkan manusia serta merasakan khadiran Tuhan bhkan mkrifatullah...
Al-Ghazali dlm kitabnya "kimyaussaadah'. : ilmu kerohanian/kebatinan dg sifat2nya itulah yg mrp kunci ke arah mengenal Tuhan/ma'rifattullah..." Muhammad saw hidup sbg shufi sebelum & ssudah beliau mnjd nabi....
di gua hira s.a.w. sejak dr perintah IQRA s/d perintah sujud "wasjud & takarrub 'waqtarid'..mndktkan diri kpd Allah..semua wahyu itu tdk lain isinya adlh ajaran/didikan ROHANI...stelah mnjd rosul, beliau sering mengasingkan diri/mnyendiri di gua hira mneruskan prjuangannya/mujahadah, mndktkan diri kpd Allah/muraqabah, beliau berzikir, bertaubat/istighfar, sholat sampai jauh mlm/mukasyafah, bermunajat dg Tuhan dlm tingkat musyahadah & mukasyafah..yg dg jln ini beliau dpt mncapai hakekat keTuhanannya...
SENDI KEKUATAN BATHIN ; nabi mmprkuat bathinnya dg jln kerohanian...alhasil beliau amat kokoh keyakinannya, tangguh mnjalani dinamika perjuangannya, kuat dlm pnderitaan serta sabar dlm kesengsaraan & syukur dlm kelapangan ...mmpunyai sifat mulia & terpuji yg jg di ikuti oleh para shbt, tabiin & para shufi lainnya...mrk semua bgitu kokoh keyakinannya...shg rosul mengkhawatirkan satu hal thd umatnya kelak, yaitu ; " lemah keyakinannya"...
hingga rosul mndirikan ruangan majelis dsmping masjid dg nama suffah...mulanya 400 org & brkmbang hingga ribuan org...mrk disebut ahli suffah...beliau brkta kpd abu hurairah ; mrk para ahli suffah tdk cinta harta benda & kekayaan, tiada apapun & siapapun di hati mrk kcuali Allah & rosulnya...& mrk disebut dlm firman Allah...laa khaufun alaihim walahum yahzanun / tdk ada rasa ketakutan & duka cita..
jelaslah bhw kerohanian atau tasawuf dpt mnjd pokok utama dlm mnghadapi hidup & dpt pula"mmbw mati"... dg ilmu kerohanian / tasawuf bnyk org besar islam brjuang mnghadapi penjajah spt ; syech yusuf al khalwaty yg terkenal dg sebutan tuan ta salamaka yg di makamkan di gowa, sulawesi selatan, p.diponegoro, imambonjol, tenku cik ditiro dll.. jadi " mrk semua hidup yg ditegakan atas kmurnian jiwa & kbrsihan hati sbg sendi kkuatan bathin...
sejarah tmbuhnya ilmu tauhid ; mazhab salaf di dirikan oleh guru bsr islam hsn albasri/yg pertama muncul smnjk nabi & shbt...lalu mncul mutazilah/wasil binatha, ..lalu mncul pula qodariah,jabariah dll,...lalu ahlussunah waljamaah/ulama bsr abu hsn al asyary/sifat 20...mncul ibnu tamiya, imam akhmad ibnuhambal, & mnculah AL-GHAZALI sbg tokoh pmersatu gol.ilmu sareat & hakekat, ..beliau mnyatakan bhw jln utk mncapai kpd Tuhan bukan dg ilmu filsafat, bkn dg ilmu kalam, bkn dg ilmu debat, bkn pula dg ilmu fiqih..makrifatullah hnya dpt dcapai dg. mnmpuh jln kaum sufi.mk mnculah ilmu tasawuf..
T.A.S.A.W.U.F..??
secara bahasa/loghat : klmt tasawuf msk dlm 'babut -tafaul' dg wazan,tassawufa, yatasawwufu, tassawufan.."tasawwufal-rajulu"..; seorang lelaki yg brpindah gaya hdup ke khidupan shufi...yaitu org yg mnsucikan diri lhr batin dlm suatu pndidikan etika/budi pekerti dg mnmpuh jln atas dsr didikan3 tingkat ; takhalli, tahalli & tajalli...>> al ghazali bhw mnmpuh jln ini mmrlukan tanjakan2 batin...berproses mnuju maqom makrifatullah...
&TASAWUF mnurut arti istilah/definisi ; basyir al haris/ash shufi man shafaqalbuhu=org shufi ialah yg tlah brsih hatinya semata utk Allah...abu muhammadal jurairi/berbudi luhur & mulia spt rosul...Dr.syech H jalaluddin/dawamulu budiyyati zahiran wa bathinan maa dawa mi hudur qalbi maal illahi =berkekalan/mnghambakan diri lhr btn kpd Allah, srta brkekalan hadir hati bserta Allah...prof.dr hamka/mmbrsihkan jiwa dr pngaruh benda atau alam spy mdh mnujuk pd Allah..syaikhul islam zakaria al ansary/ilmu yg mnerangkan hal2 ttg cara mnsuci brsihkan jiwa & mmprbaiki akhlak serta pmbinaan ksjahteraan lhr btn utk mncapai kbahagiaan yg abadi...
suatu hari rosul ditengah para shbt di datangi jibril yg brtanya ; apakah iman itu ?prcaya adanya Tuhan, malaikatNya,prtemuan dg Tuhan, rosul2nya & prcaya pd hr kbngkitan...apakah islam itu ? mnymbah Allah & jngan mmperserikatkannya/mnyekutukannya,mnegakan sholat, mnunaikan zakat, brpuasa ramadhan...apakah ihsan itu ? keadaan engkau mnymbah Tuhan seakan2 engkau mlihatNya, sekiranya engkau tdk mlihatNya,mk Allah mlihat engkau..."( bukhari).. 3 ksimpulan agama ; iman/tauhid/usuluddin,islam/fiqih & ihsan/tasawuf...
untuk mengenal dan berjumpa dengan Tuhan bukanlah dengan akal fikiran akan tetapi dengan ilmu yang terpancar dari dalam hati yang di lihat oleh mata batin / ainul basirah....
Ilmu utk mncapai hakekat KeTuhanan bukanlah dicapai dg ilmu yg difikirkan oleh otak,akan tetapi oleh ilmu yg terpancar dlm hati, ilmu pelita di atas otak, agama pelita dlm hati.....mutiara ilmu
Metoda/cara/thareqat masing-masing ke tiga cabang ilmu dlm mncapai Tuhan : 1> Gol.Fiqih dg jln keterangan/ dalil Naqli=Qur'an & Hadis...2> Gol.Mutakallimin/ Filsafat dg jln penyelidikan oleh akal fikiran...3> Gol.Tasawuf, dg jln merasakan dihati dan menyaksikan dg mata hati/ musyahadah... Zin-Nun / ahli tasawuf terkemuka mengatakan " Aku mengenal Tuhanku dg Tuhanku sendiri, kalau bknTuhanku tdklah aku mengenal Tuhanku " ( menurut para ahli ilmu tauhid,itulah Tauhid yg semurni-murninya...)..." Man Lam yazuk lam yarif = barangsiapa yg blum prnah merasainya, niscaya blumlah dia mengetahui/ mengenal)
"Maaraitu syaian Illa raitu fihi Rabban = sy tdk mlihat ssuatu melainkan aku mlihat di dlmnya itu Tuhan..." ... Demikian para sufi selalu merasa MURAQABA/didekati Tuhan, shg mrk dpt benar-benar takut/dekat dg Allah dlm segala perbuatan & kesempatam, kapanpun & dimanapun....Ulama spt itulah yg dimaksud oleh Allah dlm FirmanNya " Hanya yg benar-benar takut pd Allah ialah 'ULAMA'.."
Kita menentukan hukum dg Fiqih, + kita yakini keprcayaan / iman dg Ussuludin/ tauhid & kita kontrol jiwa dg Tasawuf... & kombinasi ke tiganya adlh MANIFESTASI dr kombinasi otak + hati & jiwa yg mrp derajat yg dikagumi oleh islam....selanjutnya banyak ulama berpendapat bhw "Laa Ilaaha Illallaah"adlh Ilmu yg paling pokok, titik permulaan utk menyelidiki segala cabang Ilmu Pengetahuan, pokok segala kebenaran...Ilmu Pengetahuan adlh pnjelasan dr pokok kbenaran, Ilu Pengetahuan adlh hasil & proses prkembangan & kemajuan pemikiran manusia dlm mencari kebenaran....
Ikhwah Fillah, demikian kata pengantar & selayang pandang ttg dasar & pokok ilmu Kerohanian agar kita dpt mengerti & paham landasan serta pokok ajarannya...mari kita mulai beranjak ke ajaran...kita mulai dg"TAREKAT" = Jalan atau petunjuk dlm melakukan sesuatu ibadah sesuai dg ajaran yg dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. & dikerjakan oleh para shbt nabi, ulama/ guru-guru, sambung menyambung & rantai berantai sampai pd masa kita ini....
Spt.misalnya dlm Al-Qur'an mewajibkan SHALAT, akan tetapi tdk ada ayat yg memberikan perincian ttg Shalat dhuhur 4 rakaat, asar 4 rakaat, mghrib 3 rakaat, isya 4 rakaat & subuh 2 rakaat, dmikian pula ttg 13 rukun shalat dari takbiratul Ihram, fatihah, rukuk, sujud dstnya... kalau bkn pkerjaan yg ditiru dr nabi Muhammad oleh para shbt nabi dstnya hingga masa skrg..... bkn Al-Qur'an itu tdk lngkap atau sunnah Rasul & ilmu fiqih tdk sempurna, namun msh ada pnjelasan yg lbh teratur agar pelaksanaan drpd peraturan2 Tuhan & nabi itu dpt dlakukan dg semestinya, tdk mnurut penangkapan otak org yg hanya mmbacanya saja & melakukannya sesuka hatinya...
Dlm ilmu Tasawuf diterangkan : bhw sunnah nabi itu hrs dilakukan dg TAREKAT/ cara/metoda, bhw tdk cukup hnya dr keterangan hadis nabi sj, dilihat oleh shbt, di ceritakan kpd tabiin & diceritakan kpd para murid dstnya...sampai dibukukan....& tersusun kitab Fiqih oleh Ahmad, Buhari, Muslim, Abi Dawud, Nasai dll.bgtu pula spt imam Hanafi, Maslik, Syafii & Hambali dll... Mmg Qur'an mnjd sumber pokok, mmg sunnah/hadis mrp pnjelasan yg pnting, namun adalh urat nadi drpd pelaksanaan ajaran-ajaran itu adalah " TASAWUF"...
SYARIAT ITU HANYALAH PERATURAN2 BERKALA, & TAREKATLAH YG MRP PERBUATAN UTK MLAKSANAKAN SYARIAT TSB... JK SYARIAT & TAREKAT SDH DIKUASAI MK LAHIRLAH HAKEKAT YG TDK LAIN ADLH PERBAIKAN KEADAAN & AHWAL... SDGKAN TUJUANNYA ADALAH "makrifat"...
S.A.W bersabda " syariat adlh prkataanku, thareqat adlh prbuatan/tindakanku & haqiqat adlh kelakuan/akhlakku...
jadi sangatlah jelas bhw 3 proses dlm beragama adlh taat thd aturan + amaliyah ibadah thd ilmu/perintah agama & aplikasi akhlakul kharimah atas pengejawantahan drpd ilmu yg di miliki....barulah maqom mnuju mkrifat dg tarekat keilmuannya akan ada benang merah / mata rantai yg kuat utk mncapaiNYA...
atas uraian di atas, dptlah dimengerti bhw semua bimbingan & petunjuk guru dinamakan 'tarekat'...GURU PERTAMA umat islam ialah nabi Muhammad, ..jd tarekat kaum muslimin berpokok pangkal dari tarekat nabi Muhammad saw/Tarekat Muhammad,yakni ; segala amal ibadah qta / tarekat yg qta lakukan adlh ptunjuk yg diterima dr guru qta, guru qta menerima dr gurunya/ulama, ulama dr tabiin,tabiin dr shbt nabi, nabi Muhammad dr Jibril & Jibril mnerima dr Allah SWT...
demikianlah para sufiyah mmbuat suatu sistem "thariqah" dg mngadakan latihan2 jiwa/riyadah + mmbersihkan diri dr sifat tercela/mazmumah & mengisinya dg sifat terpuji/mahmudah & mmprbanyak zikir dg penuh keIKHLASan semata utkm mperoleh keadaan "tajalli", yakni bertemu dg Tuhannya sbg bagian terakhir , terbesar & tertinggi...
adapun jln utk mnemukan Allah ada 2 usaha ;: 1. mulazamatu-zzikri, yaitu terus menerus berada dlm zikir atau ingat terus kpd Tuhan...2. mukhalafa, yaitu terus menerus mnghindarkan diri dr segala ssuatu yg dpt mlupakan Tuhan...keadaan ini dinamakan pendekatan dari & kpd Allah & Allah pun dkt kpd hambaNya....Firman Allah : wanahnu aqrobu illaihi ming hablil warid = Kami lbhdekat kpdnya drpd urat lehernya...
Allah.berfirman : kuntuu khajiynatan khaffiyatan , ahbadtuu an uroffa fakhalaktuukhalqa fatta arroktu illaihim fa arrafunni = Adalah Aku satu perbendaharaan yg tersembunyi, mk inginlah Aku spy diketahui siapa Aku, mk Aku jadikanlah mkhluk-Ku , mk dg Allah mrk mengenalKu....
kaum sufi menyampaikan bhw khidupan & alam penuhlah dg berbagai rahasia tersembunyi,tertutup oleh hijab atau dinding hawa nafsu manusia itu sendiri..rahasia2 tsb dpt terbuka & dinding hijab dpt tersingkap & manusia dpt mlihat & merasai atau berhubungan lsg dg yg ter-rahasia , asalkan manusia sudi utk menempuh jalannya / tarekatnya...ssuai firman Alla/srt al jin - 16 ; dan bhw jika mrk tetap (istiqomah) mnempuh jln itu/tarekat, ssungguhnya akan Kami beri rejeki/rahmat yg berlimpah2...
afwan ikhwahfillah...mmg cukup panjang & akan panjang uraian ilmu kerohanian/ ilmu hakekat mnuju ma'rifat ini...mari stiap saat akan kami uraikan berdasarkan dari berbagai sumber plus dr tarekat mursyid jg pengalaman pribadi & ikhwan lainnya...sukron katsiron...mari kita simak terus...
al hadimi brkata ; tarekat itu sebenarnya trmsk dlm ilmu mukasyafah, yg memancarkan nurcahaya ke dlm hati , shg dg nur itu trbukalah baginya segala ssuatu yg ghaib dr ucapan para nabi & rahasia Tuhannya..
ilmu mukasyafah tdk dpt dipelajari ,namun diperoleh dg jln riyadhah & mujahadah yg mrp pendahuluan bg ptunjuk hidayah Tuhan , ssuai dg firmanNya : bhw bg mrk yg brjuang / brjihad utk Allah akan ditunjuki oleh Allah akan jalannya (tarekatnya).....& apbila tarekat tsb sdh dijalani dg segala ksungguhan & pngorbanan,, pd akhirnya bertemulah dg "hakekat".. itulah ujung segala jalan (tarekat)..
METODA /TAREKAT utk bersatu dg Tuhan ; utk mncapai hakekat (liqa Allah) brtemu dgTuhan, kaum sufi mlakukan kgiatan batin, latihan / riadhah & mujahadah /prjuangan kerohanian..perjuangan spt itu dinamakan "SULUK", & yg mngrjakannya dinamakan " SALIK" ..& utk "Liqa Allah"itulah para sufi & Al-Ghazali mmbw pengikutnya kpd "Liqa" brtemu dg Tuhan ..
.firman Allah (srt al kahfi - 110 ; mk brg siapa yg ingin & akan mnemukan Allah , mk hndaklah ia ber amal baik & jngann mmprsekutukan siapapun dlm beribadah kpd Tuhan...
setiap tarekat/metoda/cara/jalan berbeda-beda...namun yg dpt di pastikan wajib sama adlh ; utk ma'rifat di wajibkan utk ber akhlakul kharimah, mlaksanakan amaliyahnya & ikhlas...& jk blum meraskan & blum kasyaf, berarti blum bersih lhr batin, blm beribadah dg sungguh2 & kadar keikhlasan blm baik....
metoda2 tsb al ;
1) hulul ; Tuhan menjelma ke dlm insan / al halaj ; ke insananku tenggelam ke dlm keTuhananMu, namun tdk mngkin percampuran, krn keTuhananMu itu snantiasa mnguasai akan ke insananku....
2) al isyraq ; cahaya dr sgala cahaya / abulfutuh al suhrawardi ; Tuhan segala2nya satu jua, yaitu mnuntut cahaya kebenaran dr cahaya segala cahaya yaitu Allah...
3) ittihad ;; Tuhan & hamba berpadu mnjd satu/ abu yazid al bistami ; kami tlah mlihat Engkau, mk Engkaulah itu & aku tdk ada disana...
4) ittisal ; hamba dpt mnghubungkan diri dg Tuhan /al faraby ; snantiasa brhubungan stiap saat...
5) wihdatul wujud ; yg ada hanya satu/ ibnu araby ; al abidu wal makbudu wahidun=yg mnyembah & yg disembah itu satu...
6) Al Ghazali ; wujud Tuhan mliputi segala wujud, tdk ada wujud mlainkan Allah & prbuatan Allah, Allah & prbuatannya adlh dua bkn satu...alam ini adlh mkhluk & bukti adanya khalik...dan metoda/tarekat lainnya brdasarkan pencapaian & penemuan dr hasil riyadhah & mujahadah mrk....
wajibul wujud ; pngalaman haay bin yakzhan /sbg jln utk mncapai kenyataan Tuhan utk mmutuskan diri dr alam indrawi serta bertekun merenung sedalam2nya dg jln mnutup (mnyumbat) anggota inderanya atau mlepaskan sifat kebendaannya utk mngingat Tuhan semata2 dg mmnyerahkan diri kpd abstraksi yg sedalam2nya...
dlm latihan jiwanya, ia slalu mncari peleburan diri & pnyaksian thd Tuhan semata..shg tercapailah keadaan demikian & hanyutlah dirinya brsama pribadi dlm dirinya & tdk ada yg tinggal lagi kcuali dzat yg maha esa..
hak & wujud serta tetap pd wujudnya yg pd akhirnya terbukalah jln utk mnyksikan yg WAJIBUL WUJUD...
pd tingkat keadaan spt tsb di atas, haay bin yakshan beroleh kelezatan yg tdk pernah terlihat mata , tdk prnah di dngar telinga & tdk prnah trlintas dlm hati sanubari manusia..menurut pengalamannya, adlh suatu keadaan yg tdk mngkin disifati atau disampaikan dg kata-kata.....》dzatlaesa kamislihi...smg brmnfaat...wassalam....