Pengertian Cakra,Ukuran Warna dan Fungsi Dalam Tubuh Manusia

CAKRA berarti perputaran energi atau pusat aliran energi dalam bentuk roda / cakram. Berputarnya roda energi menimbulkan Pusaran energi, pus...


CAKRA berarti perputaran energi atau pusat aliran energi dalam bentuk roda / cakram. Berputarnya roda energi menimbulkan Pusaran energi, pusaran energi yang terbentuk akan di alirkan ke alat-alat organ dalam pada tubuh fisik kita melalui nadi yang sangat halus (meridian). Aliran energi ini bertanggung jawab atas kerja dan fungsi organ dalam didalam tubuh fisik. Cakra-cakra ini letaknya pada tubuh etheris dan bersesuaian dengan organ dalam pada tubuh fisik.
Diamati secara kewaskitaan pada Tubuh Etheris kita, terdapat cekungan seperti sebuah terompet dimana didalam intinya terdapat bulatan sinar menyerupai Matahari/Bulan kecil yang memancarkan sinar dengan jumlah berkas sinar yang berbeda-beda.

Bulatan sinar inilah yang dikenal dengan Cakra. Dalam inti cakra terdapat jalinan simpul yang menyerupai anyaman. Anyaman/Inti cakra ini berhubungan erat dengan cakra-cakra lainnya, melalui nadi-nadi atau jalur meridian (tempat mengalirnya Prana ). Dari beberapa cakra ada cakra-cakra yang akar simpulnya berhubungan langsung dengan nadi utama (Sushumna Nadi ) yang terletak di rongga tulang punggung tubuh fisik.

FUNGSI CAKRA

Sebagai pengaktifan panca indra sehingga menjadi pewaskitaan. Seperti telah djelaskan diatas, cakra merupakan pusat aliran energi baik yang keluar ataupun masuk ke dalam tubuh. Pengetahuan tentang cakra penting sekali untuk diketahui terutama dalam melakukan tekhnik penyembuhan, kebangkitan Kundalini atau meditasi. Secara garis besarnya fungsi cakra tersebut adalah :
Menarik, memberi, memeroses, dan mengalirkan Energi keseluruh tubuh untuk memenuhi keperluan organ-organ tubuh dalam aktivitas dan kreativitas.
Mengendalikan dan bertanggung jawab terhadap energi yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh.
Untuk keperluan kesadaran Psikis dalam mendalami spiritual.
Sebagai alat penyembuhan suatu penyakit.
Sebagai penyaluran tenaga dalam atau tenaga prana.
Sebagai alat pendeteksi.

Cakra disebut aktif apabila cakra tersebut berputar dengan kecepatan rata-rata dari kesemua cakra yang ada. Tegasnya cakra tersebut berputar secara seimbang antara cakra yang satu dengan yang lainnya. Jika ada salah satu cakra yang perputarannya lebih cepat atau lebih pelan ini bisa menimbulkan kelainan pada organ tubuh yang berhubungan dengan cakra tersebut.
Dari titik awal (0 derajat) cakra berputar kearah kanan sekitar 180 derajat kemudian langsung balik ke arah kiri sekitar 320 derajat.

Titik akhir perputaran kekiri adalah titik awal perputaran yang kedua yaitu kearah kanan, begitu sampai pada sekitar 180 derajat kekanan berbalik lagi ke arah kiri sekitar 320 derajat dan seterusnya. Sehingga jika terus diamati dengan adanya titik 1, 2, 3 dan seterusnya maka cakra dikatakan berputar ke arah kiri atau aktif karena cakra tersebut lebih banyak menyerap atau menarik energi ( berputar kearah kiri).

JARINGAN ANTAR CAKRA

Hubungan kerja antar cakra lainnya juga sangat berpengaruh terutama cakra Muladhara, Solar-plexus, Anahata, dan Ajna. Khusus cakra Ajna bertugas lebih berat yaitu menyeimbangkan, mengatur dan mengendalikan seluruh cakra dibawahnya atau sebagai pemimpin cakra-cakra.

Jaringan antara Cakra Utama, Cakra Madya dan Cakra Alit semuanya saling berhubungan dengan membentuk suatu jaringan tertentu. Setiap Cakra Utama bisa memiliki lebih dari satu cakra Alit yang mengitari cakra Utama. Letak dari sub cakra utama bisa berada dekat ataupun jauh dari cakra utama. Misalnya Cakra Tangan merupakan perwakilan dari cakra-cakra Utama yang berada pada telapak tangan dan jari tangan.

Demikian juga antar cakra-cakra utama, saling berhubungan erat dan saling memberi pengaruh secara psikis.
Cakra Muladhara yang merupakan pondasi utama bersinergi dengan cakra lainnya dengan adanya hubungan nadi-nadi. Kesadaran pada Cakra Muladhara dinaikkan dan dipompa oleh cakra Meng-mein dengan tujuan menunjang proses asimilasi pada cakra Manipura dan proses pembersihan darah dan udara baik pada Ginjal, paru-paru dan jantung.

Khususnya hasil pemerosesan yang berupa zat-zat halus akan dialirkan ke seluruh cakra-cakra Utama terlebih dahulu dimana pengaturannya melalui cakra solar-plexus. Untuk mendukung kerja Solar-plexus maka diperlukan Prana udara dan peran ini dilakukan oleh cakra limpa yaitu menarik Prana udara yang bersifat vital dari pernafasan kemudian diuraikan menjadi prana berwarna dan disebarkan keseluruh cakra sesuai dengan tingkat frekwensi warna cakra yang sudah ada.

BENTUK, WARNA DAN UKURAN CAKRA

Cakra bila dipandang secara pewaskitaan hanya berupa bulatan sinar yang memancar dari tempatnya yang berbentuk sebuah cekungan atau terowongan. Bulatan sinar tersebut ada yang memancar terang dan redup. Sedangkan bentuknya lebih mirip seperti piringan atau lempengan kaset VCD. Dari lubang intinya terdapat akar/anyaman yang fungsinya sebagai jalur penghubung antar cakra-cakra yang disebut Nadi. Khusus pada cakra Wisudha pada intinya terdapat sinar lain yang bergerak-gerak seperti sebuah bandul bergerak bolak balik dan ekor cahayanya kelihatan seperti bintang kukus / comet.

Pada orang yang Cakranya aktif maka Cakra yang terlihat baik sinar dan warnanya menjadi jauh lebih terang serta bentuk dan ukurannya lebih jelas. Sebaliknya bila memandang Cakra orang yang sedang mengalami sakit, Cakra tersebut lebih banyak dibungkus oleh tempatnya dan kelihatan sinarnya sangat redup sehingga sisi diluarnya kelihatan agak gelap dengan bersinar timbul tenggelam, lagi bersinar lagi tidak seperti lampu disco flip-flop yang sangat pelan.

Cakra yang bekerja aktif akan mengeluarkan perbedaan warna yang sangat jelas. Pancaran Sinar yang terlihat membiaskan warna berkilauan keperak-perakan seperti warna pada sayap kupu-kupu atau kerang mutiara. Semua warna yang terlihat sangat indah sulit untuk dilukiskan dengan warna yang ada.

Warna pada tiap Cakra sangat sulit untuk dibedakan kecuali yang sangat jelas dibedakan yaitu pada Cakra Muladhara dengan warna luar mirip batu permata merah delima dengan titik tengahnya seperti warna lahar dari gunung berapi dengan gerakan cukup teratur, Cakra Wisudha dengan warna biru mirip sayap kupu-kupu yang ada warna biru mudanya (Peacok blue), dan khusus pada Cakra Ajna warna sinarnya tergantung tingkat spiritual seseorang. Namun yang jelas bila Cakra ini aktif dan digunakan untuk pewaskitaan, warna sinar yang memancar kelihatan putih terang seperti Matahari disiang hari atau mirip nyala sinar hasil dari mesin Las listrik yang putih keunguan / kebiruan yang sangat menyilaukan.

Berbeda halnya bila Cakra Ajna diaktifkan untuk keperluan lain misalnya untuk kreativitas, marah atau sedang konsentrasi full (hipnotis) maka sinar yang kelihatan seperti sinar Laser kemerahan atau senjata api yang memakai titik sinar sebagai titik focusnya. Sedangkan kalau tidak memancar keluar akan kelihatan seperti nyala api Dupa.

Terdapat 7 cakra dalam tubuh manusia yang masing masing memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan jiwa seseorang.

Cakra yang lemah atau tidak aktif dapat menyebabkan rusaknya organ dalam tubuh yang dapat menjadi penyakit. Hal itu terjadi karena kurangnya energi dalam organ tubuh tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa saja 7 jenis cakra dan manfaatnya dalam tubuh manusia. Berikut ini 7 cakra dalam tubuh manusia dan fungsinya.
7 Cakra dalam Tubuh Manusia dan Fungsinya

Cakra Dasar ( Muladhara)

Cakra muladhara terletak pada ujung tulang ekor. Cakra ini memiliki merah dengan 4 buah berkas sinar yang mengelilinginya. Cakra dasar merupakan pusat energi terbesar yang sangat mempengaruhi keinginan anda untuk mempertahankan kehidupan. Mengaktifkan cakra dasar akan membuat anda cenderung lebih sehat, kuat, memiliki pendirian yang teguh, serta memiliki keinginan yang kuat untuk selalu tetap hidup.

Cakra Sex ( Svadisthana )

Cakra svadisthana memiliki warna orange dengan 6 berkas sinar yang mengelilinginya. Cakra sex terletak pada kemaluan manusia, dan memiliki fungsi yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan hasrat untuk sex.

Seseorang yang memiliki cakra svadisthana kurang aktif akan mengalami gangguan kandung kemih dan ginjal, gangguan alat kelamin dan problem seksual, gangguan pinggang dan banyak yang lainnya.

Cakra Solar Plexus ( Manipura )

Cakra Manipura atau solar plexus terletak pada 5 cm di atas pusar. Sehingga cakra ini juga biasa disebut dengan cakra pusar. Cakra pusar berwarna kuning dengan memiliki 10 berkas sinar di sekelilingnya. Cakra manipura memiliki fungsi yang berkaitan dengan Rasa cinta, empati, belas kasihan, memahami, mudah beradaptasi, simpati, kebaikan, keramahan, dan sistem imun.

Cakra Jantung ( Anahata )

Cakra anahata berwarna hijau, memiliki 12 sinar dan terletak pada jantung. Cakra jantung berkaitan erat dengan rasa kasih sayang, ketulusan, kerendahan hati, dan kejujuran seseorang. Orang yang mengalami gangguan pada cakra anatha ini memiliki kecenderungan sifat yang egois.

Cakra Tenggorokan ( Vishuda )

Cakra vishuda berwarna biru muda dengan 16 berkas sinar, dan terletak pada kelenjar tyroid di tenggorokan manusia. Cakra tenggorokan berkaitan dengan kreativitas dan kemampuan berhubungan dengan sesama manusia. Cakra vishuda yang aktif akan membuat seseorang mampu berhubungan secara baik dengan sesamanya.

Cakra Mata Ketiga ( Ajna )

Cakra ajna berwarna biru indigo dan terletak di dahi antara kedua mata. Membuka cakra ajna akan membuat anda memiliki kemampuan cenayang yang bagus, cenderung banyak bermimpi, dan memiliki kreativias yang tinggi. Cakra ini juga sering dikaitkan dengan mata ketiga atau indra keenam.

Cakra Mahkota ( Sahasrara )

Cakra mahkota berwarna violet dan terletak pada ubun-ubun. Cakra sahasrara berfungsi sebagai cakra Integrasi dan Pemahaman, sehingga orang tidak atau kurang aktif cakra mahkotanya bisa mengalami depresi, mengasingkan diri, ketidakmampuan untuk belajar dan sulit mengerti dll. Cakra ini merupakan sumber masuknya energi Tuhan keseluruh bagian tubuh manusia dan juga kesadaran manusia.

Setelah mengetahui pentingnya berbagai fungsi 7 cakra dalam tubuh manusia tersebut mengharuskan anda untuk selalu menjaga agar ke tujuh cakra tersebut selalu tetap aktif. Agar anda dapat lebih mudah dalam menjalani hidup dan mencapai kesuksesan.

Bagi anda yang ingin membuka atau mengaktifkan 7 cakra dalam tubuh anda, anda dapat membuka 7 cakra dalam tubuh anda secara mudah dengan bantuan Musik Meditasi Chakra Power.

Musik Meditasi Chakra Power adalah audio dengan rentang frekuensi yang berbeda dan frekuensi dasar yang telah ditentukan untuk membuka dan mengaktifkan masing-masing tujuh Chakra dalam tubuh manusia.
Name

artikel,23,berita,45,budaya,12,Cermin,1,dharma,1,fiksi-file,7,filsafat,6,ghaib,2,ilmu,1,inspiratif,11,internasional,11,iptek,5,islami,31,kaweruh,6,kejawen,5,kesehatan,7,kisah,6,militer,9,mistik,6,nasional,1,nusantara,2,olahraga,1,opini,1,politik,3,psikologi,1,sejarah,21,selebriti,3,seni,3,spiritual,31,supernatural,2,tasawuf,4,Tausiah,6,tips,8,Unik,5,wanita,4,
ltr
item
SWARA NUSANTARA: Pengertian Cakra,Ukuran Warna dan Fungsi Dalam Tubuh Manusia
Pengertian Cakra,Ukuran Warna dan Fungsi Dalam Tubuh Manusia
http://membukaaura.com/wp-content/uploads/2017/01/7-Cakra-dalam-Tubuh-Manusia-dan-Fungsinya.jpg
SWARA NUSANTARA
https://suwarnews.blogspot.com/2017/10/pengertian-cakraukuran-warna-dan-fungsi.html
https://suwarnews.blogspot.com/
http://suwarnews.blogspot.com/
http://suwarnews.blogspot.com/2017/10/pengertian-cakraukuran-warna-dan-fungsi.html
true
3038772048707643647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy